Minggu, 08 April 2012

Kontribusi Nyata Membangun Bangsa

BY Community Development UNJ IN No comments


Tidak meratanya perekonomian di Indonesia menyebabkan terjadinya ketimpangan penyebaran ketenagakerjaan. banyak masyarakat kelas bawah yang memiliki penghasilan jauh dibawah UMR, bahkan menganggur, sedangkan mereka kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Permasalahan ini pun berdampak pada pemenuhan kebutuhan pendidikan mereka. Terutama bagi anak-anak, pendidikan menjadi prioritas kesekian nomor karena perjuangan mengumpulkan finsansial menjadi kebutuhan utama. Meskipun banyak terdapat program keringanan biaya pendidikan dari pemerinah, namun alur kehidupan mereka, mencari nafkah sembari bersekolah tak elak membuat mereka memerlukan suatu bimbingan belajar non-profit sehingga mereka dapat meraih prestasi gemilang di sekolahnya.


Minimnya pengetahuan dan kemampuan yang mereka miliki, khususnya para bapak dan ibu, menghambat mereka untuk mendapatkan penghasilan yang cukup. Untuk itu, diperlukan suau pendidikan dan pelatihan bagi mereka agar mereka mampu dan siap untuk berwirausaha. Bayangkan bila penopang nafkah keluarga mendapatkan bimbingan wirausaha yang layak, berapa banyak masyarakat Indonesia yang mengalami perbaikan ekonomi.

Untuk itulah Divisi Sosial Politik Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta membangun suatu tim pengembang masyarakat bernama Community Development UNJ atau biasa disingkat ComDev UNJ. Tim ini telah berdiri selama 3 tahun dan memiliki perkembangan yang signifikan dari tahun ke tahun. Untuk tahun ini, total pengurus ComDev lebih dari 100 orang yang terdiri dari mahasiswa S1, S2, dan S3 Universitas Negeri Jakarta. Total peserta didik ComDev UNJ hampir mencapai 200 orang yang berada di 4 lokasi yang berbeda, yaitu Pedongkelan, Prapatan Mega, Kampung Bali, dan Kayu Jati.

Adapun tujuan ComDev UNJ adalah :
1. Menanamkan kepekaan sosial mahasiswa UNJ terhadap permasalahan sosial disekitarnya
2. Menerapkan Tri Darma Perguruan Tinggi 
3. Membantu anak-anak dan para ibu untuk meningkatkan kemampuan  nya baik secara akademis 
    maupun nonakademis
4. Meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar

Berbagai kegiatan yang dilaksanakan ComDev UNJ yaitu:















ComDev UNJ juga bekerjasama dengan Desa Binaan FMIPA, Teka (ComDev FIP), dan COmDev FBS. Besar harapan kami agar ComDev UNJ dapat menjadi lembaga yang berkomitmen tinggi, berkontribusi penuh secara konsisten untuk mewujudkan Indonesia yang cerdas, sejahtera, dan bermoral karena sejatinya pendidikan adalah hak seluruh bangsa. ComDev UNJ!!! "Kontribusi Nyata Membangun Bangsa".

0 komentar:

Posting Komentar