Senin, 25 Juni 2012

Seminar dan Pelatihan Relawan Duta Pendidikan UNJ 2012

BY Community Development UNJ IN No comments

Pada hari Jum’at, 22 Juni 2012, bertepatan dengan hari ulang tahun Jakarta ke-485, Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (BEM UNJ) beserta seluruh pengurus Community Development (ComDev) mengadakan acara seminar dan pelatihan relawan Duta Pendidikan UNJ 2012. Acara ini diadakan di gedung S dan dihadiri oleh berbagai pemateri dan senior yang luar biasa. Materi yang diberikan sangat bermanfaat untuk meningkatkan ilmu, membangkitkan motivasi, dan memantapkan visi para relawan duta pendidikan ComDev UNJ.
Hampir 6 bulan kegiatan ComDev 2012 berjalan sejak bulan Januari, tibalah saat untuk mengecas kembali energi, pengetahuan, relasi, dan semangat para relawan ComDev di penghujung bulan Juni ini. Acara ini menghadirkan berbagai pembicara yaitu Iman Subasman, M.Si selaku Ketua Manajemen Program ComDev 2012 yang membawakan materi yang berjudul ‘Guru yang Mulia’ dan Winda Gunarti selaku Dosen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) UNJ yang membawakan materi ‘Mengoptimalisasikan Potensi Anak’. Selain itu, juga dilaksanakan talk show antara Ketua BEM UNJ 2010 (Muhamad Hadi Kusumah), Ketua BEM UNJ 2012 (Roby Tri Wahyudi), serta perwakilan dari BEM UNJ 2011 (Annisaa Rachmah Syam). Kegitan pun ditutup dengan pelaksanaan Microteaching sebagai pelatihan sederhana untuk meningkatkan cara mengajar para peserta.
Registrasi dimulai pada pukul 08.00 dan acara dimulai pada pukul 09.30 yang dibuja oleh MC, Muhammad Agha Nur. Setelah itu dilanjutkan dengan seminar dari Pak Iman yang membahas mengenai tantangan dunia pendidikan, masalah pendidikan, positioning guru dalam pendidikan, pembelajaran dari para guru besar UNJ, dan ciri-ciri guru yang mulia. Setelah itu dilanjutkan dengan materi dari Bu Winda mengenai pembahasan seputar tumbuh kembang anak, cara mengembangkan potensi anak, masa pendidikan terpenting, dampak akibat kurang penanganan, pendekatan pembelajaran, cara anak relajar, berbagai tipe kecerdasan beserta kegiatan yang bisa dilakukan. Setelah seminar selesai, kegiatan pun diistirahatkan sampai pukul 13.00 dan dilanjutkan dengan talkshow dari para pemangku jabatan penting di BEM UNJ yang dimoderatori oleh Fachri. Terdapat beberapa pertanyaan yang dilayangkan oleh moderador untuk dijawab oleh para pembicara yang berkaitan dengan kepemimpinan, pengabdian, Management organisasi, kepekaan sosial, dan motivasi untuk maksimal dalam berkontribusi.
Acara yang dihadiri oleh 49 peserta ini dilanjutkan dengan microteaching yang dipandu oleh Mukti. Dalam kegiatan ini setiap peserta mempraktekkan cara mengajar lepada peserta lainnya sehingga cara mengajar masing-masing peserta dapat menjadi inspirasi dan contoh bagi peserta yang lain. Sebagai bahan koreksi diri, juga ditayangkan sebuah kartun pendek tentang sikap guru dalam mengajar. Acara pun ditutup pada pukul 16.00. Pekikan jargon ‘Kontribusi Nyata Membangun Bangsa’ selalu dilucuti agar para Duta Pendidikan ComDev UNJ benar-benar menanamkan jargon tersebut untuk menjadi motto dan penggerak dalam berkontribusi, selaras dengan tujuan diadakannya kegiatan ini. Setelah kegiatan ini dilakukan, diharapkan seluruh wilayah binaan, yaitu Pedongkelan, Kayu Jati, Prapatan Mega, Kampung Bali, dan Dewi Sartika dapat terus bersinergi dalam bekerja.

0 komentar:

Posting Komentar