Minggu, 09 November 2014

PENGAJARAN, Minggu 9 November 2014

BY Community Development UNJ No comments


Minggu, 9 November 2014. Kembali para relawan Community Development UNJ menggerakkan dirinya untuk datang di rusun pinus elok indah cakung blok B untuk bertemu dengan para anak anak disana, yang sering disebut oleh mereka adalah ‘malaikat-malaikat kecil’. Para relawan datang dengan niatan bukan hanya membantu anak anak disini belajar, namun juga dengan niatan belajar dari para anak anak disini. Belajar tentang bagaimana karakteristik anak, bagaimana bisa masuk ke setiap anak dengan karate yang berbeda. Jadi semua saling mengajari, baik anak anak maupun relawannya.

Pada hari ini, pengajaran dihadiri oleh 28 anank anak dan dihadiri oleh 17 relawan(Ria, erwan, nita, simul, rana, nurul, ana, aisyah, miftah, dewi, fitria, dian, dicky, bowo, yessi, tita dan mutia). Mungkin sedikit berbeda dengan pengajaran sebelum sebelumnya, saat ini para relawan baru COMDEV UNJ yang berasal dari PGSD angkatan 2014 cukup banyak yang hadir untuk mengajar dan belajar bersama dengan anak anak di rusun.

Seperti biasa, pengajaran hari ini dimuli pukul 10.00, namun sejak pukul 09.00, anak anak sudah mulai berdatangan. Namun, kita alihkan anak anak untuk bermain dulu di halaman kelas sambil para relawan membersihkan ruang belajar anak anak. Saat itu, anak anak diajak untuk membersihkan halaman kelas dengan menyapunya. Kita mulai mengajarkan mereka pelajaran pelajaran dalam kehidupan, saat ini terkait kebersihan. Anak anak dengan cukup bersih menyapu dan memunguti sampah di halaman dan membuangnya ke tempat sampah.

Setelah ruangan siap digunakan, anak anak diajak untuk berbaris didepan ruang dan secara perlahan masuk ke dalam ruang secara rapih. Mereka diatur duduknya secara rapih oleh para relawan. Lalu, salah seorang relawan –aisyah, relawan baru- menyiapkan anak anak dan memimpin doa anak anak sebelum belajar. Anak anak berdoa dengan sangat semangat sebelum memulai pengajaran.


Para pengajar membagi pengajaran sesuai dengan kemampuan anak anaknya, ada yang belajar berhitung, belajar menulis, belajar membaca, dan belajar melalui cerita.  Orang tua dari salah seorang anak disini pun ikut menemani anaknya untuk melihat bagaimana kemampuan dan perkembangan anak disini. Dan tak kalah juga, salah seorang anak yang berkebutuhan khusus juga dengan semangat belajar bersama para kakak kakak relawan yang datang.


Sebuah kehangatan sangat terasa disini. Dimana anak anak dan pengajar sangat sanatai dalam belajar, seakan memiliki ikatan emosi yang sangat kuat antar keduanya. Pengajaran hari ini berasa agak berbeda dari sebelum sebelumnya, entah apa yang membedakannya, mungkin perasaan penulis saja yang merasa kalau pengjaran hari ini lebih tenang, anak anak terlihat focus dan semangat dalam belajarnya. J
Dan semoga kondisi ini bisa stabil terus untuk kedepannya. Supaya potensi anak anak disini bisa mengalami perkembangan.
:)

Pengajaran ditutup dengan doa ya g dipimpin oleh aisyah. Dan diikuti dengan anak anak dan relawan yang lainnya. Kemudian ditutup dengan salam dan anak anak salam ke setiap relawan.
:)


Hayuk, kepada rekan-rekan mahasiswa UNJ yang memiliki kesukaan dan kecintaan pada dunia pendidikan anak anak, mari bergabung dengan kami untuk membantu mendidik anak anak di rusun pinus elok Indah cakung. Jadwal pengajarean kami masih tetap ya, setiap minggu jam 10.00-12.00.
Semangat medidik wahai para pemuda.
:)

KONTRIBUSI NYATA!!!
MEMBANGUN BANGSA!!!
HIDUP PENDIDIKAN INDONESIA!!!
:)


0 komentar:

Posting Komentar