Selasa, 18 November 2014

Blok B, Perdana Blok A dan Lomba..... ^_^

BY Community Development UNJ No comments




Ekspresi para Malaikat Kecil :)
Minggu, 16 November 2014. Rusunpun kembali memanggil para relwan untuk datang kepadanya dan melakukan pengajaran kepada malaikat-malaikat kecil disana. 

Agenda minggu ini sangat luar biasa. Disambut dengan rintikan air hujan kecil yang membasahi bumi sambil melakukan perjalanan ke rusun tercita. Sesampainya di rusun, para relawan menyiapkan keghiatan senam rutin bersama teman-teman relawan dari FIK. Senam pun dilakukan di lantai dasar rusun dan diikuti oleh ibu-ibu rusun dan juga beberapa bapak-bapaknya.



Suana senam pagi. -biar pada sehat-

Hari ini berbeda dengan pengajaran biasanya, dimana pada hari ini para relawan dibagi menjadi beberapa titik. Sebagian besar relawan sedang mengikuti agenda family gathering lembaga lain, sehingga kegiatan Comdev hari ini berusaha memaksimalkan relawan yang ada. Titik-titik yang menjadi focus relwan saat ini adalah pengajaran di Rusun Blok B, pengajaran Perdana di Rusun Blok A, dan mengantarkan beberapa anak-anak rusuun untuk mengikuti lomba mewarnai dalam acara FIS Festival yang diselenggara di kampus gedung FIS Kampus A UNJ.

Pukul 8.00 para relawan melakukan briefing untuk teknis hari ini. Dan mulai pukul 08.30, semua relawan memposisikan diri di focus masing-masing. 6 orang relawan(ilham-TE’13, Wahyudi-TE’13, bowo-Tm’10, Amel-PLB’10, Miftah-PGSD’14, dan Ana-PGSD’14) meluncur ke rusun A untuk melakukan pengajaran perdana disana. 4 relawan lainnya(Naufan-PGSD’13, Fikri-PGSD’12, Yesi-PGSD’13, dan Feby-PGSD’13) mengantarkan 7 anak rusun untuk mengikuti lomba di FIS. Dan thufa-PGSD’12, Otifin-PGSD’11, Dian-PGSD’14, Harist-PGSD’14, dan Raka-PGSD’14 melakukan pengajaran di Rusun B.
 
Suana pengajawan di Rusun Blok A sesuai dengan kelompok kelas
Pengajaran di Rusun A berlangsung efektif dan efisien. Ketika para relawan datang di rusun A,, puluhan anak sudah menunggu dan memberikan sambutan yang sangat hangat ke para relawan. Dengan pakaian yang rapih, bedak yang masih terlihat jelas di muka anak anak dan juga tas serta alat tulis yang sudah dipersiapkan untuk melakukan pembelajaran pertama di Rusun A ini. Di rusun A pengajarean dibagi menjadi 2 sesi, sesi pertama yaitu untuk PAUD dan kelas 1-3SD. Pada sesi pertama ini, pengajaran PAUD dilakukan oleh miftah dan ana, kelas 1SD oleh Ilham, kelas 2 SD oleh Wahyudi dan kelas 3 oleh Amel dan Bowo. Pengajaran sangat efektif karena dibentuk kelompok belajar yang terdiri dari 5-10 anak tiap kelompoknya. Sehingga para relawan bnisa mengenal lebih dalam dan mengetahui kemampuan dan perkembangan setiap anak. Pengajarn berlangsung samapi pukul 10.00. kemudian pada pukul 10.30 pengajaran sesi 2 dimulai. Pada sesi 2 ini, kelas 4 SD oleh wahyudi dan  Ilham, kelas 5 SD oleh Ana, kelas 6 SD oleh Mifta, SMP oleh amel. Pengajaran sesi 2 pun dibentuk kelompok belajar layaknya sesi 1 tadi. Pegajaran sesi 2 berlangsung sampai pukul 12.00. Kemudian para relawan menuju rusun B untuk melakukan Evaluasi bersama.

Suasana pengajaran di Rusun Blok B
Pengajaran di Rusun B berlangsung dengan dihadiri oleh sekitar 20 anak anak dengan 5 relawan. Pengajaran hari ini, para relawan menemukan sebuah kejadian unik, dimana anak anakdisana sudah mengenal ‘pacaran’ dan menjadikan hal tersebut sebagai bahasan dalam percapakan antara anak dengan relawan. Hal ini membuat para relwan berpikir bahwa perlua dilakukan sex education ke para anak-anak disana. Hal ini untuk mengembalikan karakter anak agar masih terarah sesuai dengan usia mereka. Pengajaran berlangsung sampai 12.00.


Perlombaan mewarnai di FIS berlangsung cukup meriah, anak-anak dari rusun sangat antusias dalam melakukan perlombaan. Apalagi mereka bertemu dangan anak-anak dari comdev lain dalam lomba ini. Hal ini menimbulkan semangat kompetisi bagi merekla. Mereka melakukan perlombaan samapi pukul 11.00, sehingga mereka pada 12.00 sudah sampai di rusun kembali, mereka ijin untuk pulang terlebih dahulu dikarenakan jarak yang cukup jauh dari rusun.

Suasana perlombaan mewarnai di FIS Festival

 Di akhir kegiatan comdev saat ini, para relawan melakukan evaluasi. Poin penting dalam evaluasi hari ini adalah perlunya pendataan secara valid anak anak yang mengikuti pembelajaran di Rusun B. Hal ini dilakukan untuk mempermudah relawan untuk mengetahui kemampuan setiap anak dan mengetahui perkembangan setiap anaknya. Yang kedua adalah perlu adanya penyuluhan terkait sex educasi ke anak anak dan ibu ibu di rusun blok B.
Malaikat Kecil Comdev yang sedang mewarnai :)


Hayuk yang mau bergabung dengan kami, kami tunggu terus kok untuk memberikan kontribusinya.
Pengajaran di Rusun Pinus Elok Indah
Blok A pukul 08.00-12.00
Blok B:
Senam pukul 07.00
Pengajaran pukul 10.00-12.00
 
si Atan yang ngambek sama temannya. Rusun Blok A
#IniCeritakuHariIni,
#ManaCeritamu???
COMDEV UNJ!!!
KONTRIBUSI NYATA MEMBANGUN BANGSA!!!
HIDUP PENDIDIKAN INDONESIA!!!

SEMANGAT kakak kakak COMDEV!!! :)


0 komentar:

Posting Komentar