Rabu, 15 April 2015

Sekolah Cerdas ComDev UNJ (minggu kedua 12 April 2015)

BY Community Development UNJ No comments


Assalamualaikum warahmatulahi wabarakatuh..

Salam pedidikan, salam sejahtera bagi kita semua. Puji Syukur kegiatan rutin mingguan Sekolah Cerdas Comdev UNJ yang bertempat di Rusun Pinus Elok Blok A dan Blok B Cakung, Jakarta Timur dapat berjalan dengan lancar.

Pekan kedua di Bulan April, yap tanggal 12! Kalau minggu lalu kegiatan pembelajarannya seputar akademik, kali ini waktunya minggu kreatiiiffff. Yeeeeaaayyy!!



Kali ini kita akan buat tangram. Apa sih tangram itu? Tangram adalah gabungan bangun-bangun datar yang menghasilkan bentuk baru. Alat dan bahan yang diperlukan ada gunting, kertas warna (kertas origami), lem kertas dan kertas HVS. Sederhana kan? ;) Cara buatnya juga mudah banget kok. Kertas origami tinggal dilipat sesuai aturan lipatan, lalu digunting sesuai garis lipatan. Dari hasil potongan-potongan bangun datar yang didapat, kemudian disusun sesuai kretifitas dan kreasi kita. Terus digabungkan deh dengan menggunakan lem kertas dan ditempel di kertas HVS. 



Seru banget kaaaaan?? :D

Langsung saja yuk kita lihat pekan kreatifnya Sekolah Cerdas Comdev UNJ di Rusun Pinus Elok Blok A dan Blok B!

Sekolah Cerdas ComDev UNJ di Rusun Blok A



Membuat Tangram Di Rusun A
Pukul 10:00 WIB kakak-kakak pengajar sudah berada di rusun, ada kak siapa aja nih? Ada Kak Simul, Kak Feby, Kak Anna, Kak Mifta, Kak Rinta, Kak Ilham dan Kak Amel. Sstt ssttt, ada kunjungan juga loh dari Majelis Tinggi Mahasiswa UNJ yaitu Kak Milka dan Kak Wiwik. Pengajaran berlangsung di Blok A 2 lantai 2, pagi itu adik-adik cerdas ComDev UNJ sudah berkumpul dan menyapa riang kakak-kakak pengajar. Terdapat sekitar 16-17 adik-adik cerdas, mulai dari usia PAUD sampai kelas 4SD. Pengajaran dibuka dengan membaca doa sebelum belajar dan tadarus surah-surah pendek. Kemudian adik-adik dibagi sesuai dengan tingkat kelasnya, dan langsung kita mulai berkreatifitas membuat tangram.

Dengan dipandu langsung oleh Kak Simul dari Jurusan PGSD adik-adik cerdas fokus mrmperhatikan cara membuat tangram. Meskipun sulit tapi adik-adik cerdas masih tetap antusias nih. Pelan-pelan dan dengan bimbingan kakak-kakak pengajar akhirnya adik-adik cerdas dapat membuat tangram sesuai dengan imajinasinya, menciptakan bentuk bentuk yang baru dari potongan potongan bangun datar dari bahan kertas origami.
Bersama adik adik cerdas di Rusun A


Sekolah Cerdas ComDev UNJ di Rusun Blok B

Hasil Tangram
Adik-adik Cerdas di Rusun B
Naah, sekarang kita tengok yuk serunya adik-adik di Rusul Blok B :)

Ada kak siapa aja nih dirusun B ? Nih yaa, di antaranya itu ada Kak Alvianita, Kak Yessi, Kak Nurul, Kak Anggita dan Kak Bowo. Pengajaran di Rusun Blok B bertempatkan di Musholah setempat.

Pagi sekitar pukul 10:00 WIB adik-adik cerdas bergegas menuju musholah dan sangat antusias serta rapih dengan siap-siap membawa meja belajar masing-masing  lalu langsung duduk rapih. Ada sekitar 20 adik-adik cerdas di sini. Tidak seperti biasanya, adik-adik cerdas yang biasanya terlalu aktif dan selalu kesana-kesini main kejar-kejaran, kali ini langsung duduk rapih, senangnya kakak-kakak pengajar di Rusun Blok B yang melihat adik-adik cerdasnya langsung duduk rapih.

Pengajaran dimulai dengan membaca doa sebelum belajar dan tadarus surah-surah pendek, lalu cek kebersihan adik-adik cerdas dan langsung dilanjutkan dengan pembagian adik-adik sesuai kelas pengajarannya. Suasana Rusun Blok B saat membuat tangram sangat menyenangkan. Belajar bangun datar sambil bermain dengan adik-adik cerdas yang penuh keaktifan, yang pada awlanya membuat hanya satu tangram tetapi adik-adik cerdas gemar untuk membuat lagi dan lagi. Mereka sangat senang dengan pekan kreatif membuat tangram ini yang hasilnya sangatlah bagus dan imajinatif. Kakak-kakak pengajar pun senang melihatnya dan semoga kedepannya dapat menjadi GURU yang kreatif. Aamiin. 

Photo Bersama Adik-Adik Cerdas Di Rusun B
                                          


Berikut Video Pekan Kreatif "TANGRAM" ComDev UNJ 
Selamat menonton

Sekian dari Tim Media ComDev UNJ, semoga bermanfaat bagi para pembaca dan teruslah gapai cita-cita dengan  Kontribusi Nyata Membangun Bangsa!


Hidupkan Pendidikan Indonesia! Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.




0 komentar:

Posting Komentar