Selasa, 07 April 2015

Sekolah Cerdas ComDev UNJ (Minggu pertama, 5 April 2015)

BY Community Development UNJ No comments

SEKOLAH CERDAS COMDEV UNJ  (Minggu pertama, 5 April 2015)
Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh..

 Salam pendidikan manteman pembaca dan salam sejahtera buat kita semua. Kali ini, kita akan share kegiatan minggu ceria bareng adik-adik di Rusun Pinus Elok Blok A dan Blok B loohh.. Simak ya! ;)

Sekolah Cerdas Di Rusun Blok A 


Waah ada apa aja nih di minggu ini?? Hmmm, ada pembelajaran tentang Bahasa Indonesia nih manteman. Yaap! Bahasa Indonesia adalah bahasa Negara kita sendiri jadi harus dipelajari dan dipahami ya manteman. Naah, kali ini adik-adik cerdas kita belajar berdialog dalam bermain drama nih. Wihh, kereeeennn!
Sebelumnya, kakak-kakak pengajar yang terdiri dari Kak Yessi, Kak Amel, Kak Ana, Kak Simul, Kak Novan, Kak Ilham dan Kak Mifta, sudah menyiapkan naskah dialog tentang gotong royong menjaga kebersihan kelas.

Kegiatan pengajaran kita dimukai pukul 10.00 WIB. Diawali dengan cek kebersihan adik-adik yang hadir, lalu tadursan surah-surah pendek, setelah itu baru memulai pembelajaran Bahasa Indonesia tentang berdialog dalam drama. Pertama-tama kakak-kakak pengajar mengajari adik-adik cerdas untuk membaca dialog tersebut. Dialog ini terdiri dari 7 tokoh yang akan diperankan, terdapat 6 murid dan 1 guru. Mengisahkan tentang 6 murid yang sedang berada di dalam kelas, lalu ada seorang murid yang melihat sampah dan mengajak kelima temannya untuk berotong royong (saling membantu membersihkan kelas). Wiiiihh asyik ya!

Sedang latihan membaca dialog drama
Selanjutnya, kakak-kakak pengajar melatih adik-adik untuk berperan memperagakan secara langsung kejadian yang terdapat dalam cerita tersebut. Awalnya sih memang belum bisa lancar, akan tetapi karena adik-adik ini asyik dan tertarik untuk berdrama akhirnya lancar juga deh bermain perannya. Bermain ekspresi juga, hehee. 
Terakhir, setelah adik-adik cerdas asyik bermain drama dan terus mengulang ceritanya berkali-kali, kegiatan prmbelajaran lalu ditutup dengan membaca doa setelah belajar.
Sedang memperagakan kejadian cerita


















Sekarang, kita intip kegiatan di Rusun Blok B yuk! ;)
Perkenalan dari teman-teman
Ekonomi Administrasi (FE UNJ)
Sebelumnya, kita absen dulu yuk kakak-kakak pengajar yang hadir di Rusun Blok B. Ini nih, ada Kak Wahyudi, Kak Alvianita, Kak Syahril, Kak Azis, Kak Dicky dan Kak Iman. Selain itu, kita kedatangan tamu juga nih, kakak-kakak kece dari Jurusan Ekonomi Administrasi FE UNJ yaitu Kak Anna, Kak Ema, Kak Ina, Kak Naritha, Kak Enti dan Kak Mera. Luar biasaaa kaaan :)


Berhubung mushola yang minggu lalu kita gunakan sedang dalam tahap pengerjaan, jadi kegiatan kita pindah ke salah satu ruang kosong di samping mushola. Seperti biasa, kita bersihkan dulu ruangannya biar bersih dan nyaman.



Seperti di Rusun Blok A, pengajaran dimulai dengan cek kebersihan adik-adik cerdas, mulai dari sudah mandi atau belum hingga potong kuku. Selesai cek kebersihan, kita membaca doa dengan dilanjutkan membaca surah pendek. Setelah itu kita mulai pengajarannya! Ayo!

Pengajaran di Rusun B 




Untuk kelas PAUD sampai kelas 2 SD, diajar sama kakak-kakak dari FE dengan didampingi oleh Kak Alvianita. Sedangkan kelas 3 diajar oleh Kak Vina, kelas 6 diajar oleh Kak Wahyudi dan Kak Iman. Adik-adik yang kelas 3 belajar bermain drama tentang gotong royong dan tanggung jawab dengan judul kebersihan Kelas. Sedangkan adik-adik yang kelas 6 membahas soal-soal untuk try out pada Hari Senin, Selasa dan Rabu. Nih ya, adik-adik di kelas 6 itu ada Nia, Nabila, Galang dan Tio. Dari keempat anak tersebut, Galang cenderung lebih cepat bosan dan kurang suka menulis. Nia dan Nabila diajar oleh Kak Iman, sedangkan Galang dan Tio diajar oleh Kak Wahyudi. Lalu untuk PAUD sampai dengan kelas 2 SD,  diajarkan mengenai klasifikasi hewan dan membentuk hewan dengan kertas origami.



Semua adik-adik cerdas sangat antusias. Seperti biasanya senyuman mereka selalu mereka keluarkan kepada kakak-kakak pengajarnya. Suasana pembelajaran sangat menggembirakan.


Photo Bersama adik adik cerdas di Rusun B


Ini cerita kami yang menghabiskan Hari Minggu bersama adik-adik malaikat-malaikat kecil. Kakak-kakak yang mau gabung, silakan loohh. Kita tunggu kehadirannya :D

0 komentar:

Posting Komentar