Sabtu, 30 Mei 2015

ComDev UNJ Pengajaran Umum (minggu Ketiga 17 mei 2015)

BY Community Development UNJ No comments

Assalamualaikum , salam pendidikan teman teman pembaca , Segala Puji bagi Allah SWT. Yang telah memberi nikmat sehingga kami ComDev UNJ dapat melaksanakan kegiatan rutin yaitu Sekolah Cerdas, seperti biasa bertempatkan  di Rusun Pinus Elok , Cakung  Jakarta Timur. Pada kesempatan bulan Mei ini kami kegiatan Sekolah Cerdas nya bertemakan “Peduli Lingkungan” . Pada Minggu ketiga dilakukan pengajaran Umum yaitu mempelajari mata pelajaran umum seperti matematika,ipa,bahasa Indonesia,ips dan lain-lain, untuk mempersiapkan sebagian kecil adik adik cerdasnya yang kelas 6 SD akan menghadapi Ujian Nasional (UN). Seperti biasa kegiatan ini dilakukan di Rusun A dan Rusun B, dan pada kesempatan kali ini teman teman pengajar ComDev UNJ diakhir kegiatan akan ada penugasan yaitu menanam kecambah biji kacang hijau dengan membimbing arti dari peduli lingkungan yaitu peduli terhadap tanaman, Mau tahu lebih lanjut ? yuk kita simak dibawah ini.

Sekolah Cerdas di Rusun A
Minggu 17/05/15 Pukul 09.40 terdapat 4 Kakak-kakak ComDev UNJ sudah menghampiri Rusun A ini, dengan semangat pagi kita menyambut senyum-senyum ceria adik adik cerdas di Rusun A, saat itu Rusun A sedang ada acara festival yang sekaligus mengadakan lomba-lomba bagi anak-anak dan kali ini terdapat adik adik kita yang mengikuti lomba tersebut. Tetapi banyak juga yang mengikuti kegiatan sekolah cerdas kami yakni terdapat 15 adik adik cerdasnya yang terdiri dari PAUD, SD kelas 1 sampai 3. Seperti biasa pembukaan kegiatan sekolah cerdas ini dibuka dengan membaca doa bersama serta tadarus  Surah-surah Pendek AL Quran. Selanjutnya pengajaran dibagi sesuai kelas dengan teman teman pengajarnya, pengajaran ini berlangsung sangat kondusif dan setelah itu diakhir ada penanaman biji kacang hijau di gelas plastik yang beralaskan kapas , serta di berikan air sehingga kapas nya basah agar menumbuhkan kecambah-kecambah biji kacang hijau tersebut, dan adik adiknya diberi tugas untuk dirawat yang akan dibawa pada minggu selanjutnya, setelah itu ditutup dengan membaca doa bersama sebelum pulang. semoga kedepannya adik adik rusun bisa membawa tugas menanam nya dan bisa belajar lebih giat lagi.

Sekolah Cerdas di Rusun B
Pukul 09.30 sudah terdapat beberapa kakak-kakak pengajarnya dan hingga pukul 10.00 semakin banyak kakak-kakak pengajarnya yang datang 13 orang ,dan terdapat sekitar 15 adik adik cerdas nya,terdapat pula kelas 6 SD. selanjutnya dimulailah kegiatan belajar dengan dibuka membaca doa bersama sebelum belajar dan diselingkan dengan membaca surah surah pendek AL Quran. Selanjutnya dibagi perkelas sesuai dengan para pengajar nya. Lalu pengajaran berlangsung dengan lancar dan dikelas 6 SD , adik adik nya sudah ada yang memahami pelajarannya  dan ada yang sedikit belum memahami beberapa materi pelajarannya, akan tetapi tidak memutuskan semangat para pengajar untuk terus membimbing mengajarkan yang pada akhirnya sedikit demi sedikit adik tersebut dapat memahi materi yang akan di UN-kan, dikelas lain pun berlajalan dengan baik. Dan diakhir sama seperti di rusun A yaitu tugas menanam biji kecambah kacang hijau yang tidak lupa untuk membimbing juga arti dari peduli tanaman, dan terakhir ditutup dengan doa bersama sebelum pulang.



Sekian Artikel ini, semoga diberi kelancaraan bagi adik adik cerdas akan belajarnya dan khususnya bagi kelas 6 SD agar diberi kesuksesan dalam menempuh Ujian Nasioanal. Minggu ini sangat bersyukur kami banyak dari pengajar-pengajar yang dating dari generasi ke generasi ComDev UNJ yakni ada kak Bowo, Kak Amel, kak Wening, kak Wisnu, kak Syahril, kak Fikri, Kak Iman, Kak Rinta, Kak Yessi, Kak Amy, Kak Ainin , kak Rahma, Kak Anggita, Kak Aisyah, Kak Yudi, Kak Ilham, Kak Wahyudi, semoga kedepannya terus sinergis dalam kontribusi Nyata membangun Bangsa, Aamiin. Ditunggu kepada teman teman pembaca untuk kontribusinya dan khususnya teman-teman Universitas Negeri Jakarta. 

Poto bersama teman-teman ComDev UNJ

0 komentar:

Posting Komentar