Selasa, 05 Mei 2015

Kegiatan Comdev UNJ Pengajaran Umum (minggu pertama 3 Mei 2015)

BY Community Development UNJ No comments


Assalamualaikum.. Salam pendidikan teman-teman pembaca. Segala Puji bagi Allah SWT yang telah memberi nikmat sehingga ComDev UNJ dapat melaksanakan kegiatan rutin yaitu pengajaran Sekolah Cerdas. Seperti biasa bertempat di Rusun Pinus Elok, Cakung, Jakarta Timur. Pada Bulan Mei ini kegiatan Sekolah Cerdas mengangkat tema "Peduli Lingkungan”. Pada Minggu pertama ini dilakukan pengajaran mata pelajaran umum seperti matematika, IPA, Bahasa Indonesia dan IPS untuk mempersiapkan adik-adik cerdas yang sebagian besar akan menghadapi Ujian Kenaikan Kelas (UKK). Mau tahu lebih lanjut? Yuk kita simak dibawah ini.

Sekolah Cerdas Rusun Blok A
Sekolah Cerdas Rusun 
Sekitar pukul 10.00 WIB kakak-kakak pengajar ComDev UNJ sudah berada di Rusun Blok A. Kali ini terdapat 4 kakak pengajar yaitu Kak Simul, Kak Neni, Kak Ade dan Kak Yessi. Ya walaupun sedikit tetapi tidak patah semangat untuk melihat senyum malaikat kecil yaitu adik adik cerdas. Terdapat lebih dari 10 adik cerdas yang hadir. Diawali dengan cek kebersihan diri adik-adik cerdas dan dilanjutkan dengan membaca doa serta tadarus bersama. Setelah itu dimulailah pengajaran. Adik-adik cerdas dibagi perkelas sesuai dengan kakak pengajarnya. Pengajaran dilaksanakan dengan cara menanyakan kepada adik-adik tentang pelajaran apa yang kurang dimengerti di sekolah dan diajarkan kembali pelajaran yang kurang dimengerti. Proses kegiatan belajar mengajar ini berjalan dengan lancar. Terakhir ditutup dengan membaca doa bersama sebelum pulang. Semoga adik-adik kita tambah cerdas ya, Aamiin.

Sekarang kita lihat yuk bagaimana kegiatan di Rusun Blok B.
Tadarus bersama di Rusun B
Pagi sekitar pukul 09.30 WIB kakak-kakak pengajar sudah tiba di Musolah Rusun Blok B, terdapat 8 pengajar ComDev UNJ yang hadir yaitu ada Kak Wahyudi, Kak Fikri, Kak Ilham, Kak Wisnu, Kak Bowo, Kak Aziz, Kak Anna dan Kak Mifta. Alhamdulilah kesempatan kali ini banyak kakak pengajar yang hadir. Terdapat sekitar 20 adik cerdas yang sangat antusisas ingin memulai kegiatan Sekolah Cerdas ini dengan sebelumnya ada beberapa adik kita yang membersihkan lantai, tempat kegiatan belajar termasuk menyapu dan mengepel. Wah rajin ya adik-adik cerdas ini. Setelah ruangan yang akan digunakan bersih, kemudian para pengajar mengecek kebersihan diri adik-adik dengan menanyakan “sudah mandi belum?” dan ternyata semua adik-adik cerdas sudah mandi.
Setelah itu di cek kuku adik-adik cerdas, jika ada yang panjang para pengajar sudah menyediakan gunting kuku untuk membersihkan. Selanjutnya memulai kegiatan belajar diawali dengan membaca doa bersama dan tadarus surah-surah pendek. Sekitar pukul 10.30 WIB dimulailah kegiatan belajar mengajarnya dengan dibagi perkelas. Adik-adik cerdas yang hadir kebanyakan sangat ingin belajar pelajaran matematika, karena memang terdapat yang mengalami kesulitan, dan para pengajar tetap mengajari secara pelan-pelan hingga akhirnya adik-adik cerdas perlahan-lahan dapat memahami kesulitannya di pelajaran matematika. Begitu juga di pelajaran lainnya. Satu jam berlalu dan kegiatan belajar mengajar ini berjalan dengan lancar. Sekitar pukul 11.30 WIB Sekolah Cerdas selesai ditutup dengan membaca doa bersama sebelum pulang.
                                                                                 Sekolah Cerdas Rusun B                                                                                 










Nah, sekian cerita kegiatan Sekolah Cerdas ComDev UNJ pada Minggu pertama di Bulan Mei ini. Semoga adik-adik cerdas kita menjadi generasi penerus bangsa yang berguna bagi agama, nusa dan bangsa,cerdas bermoral, serta kreatif . Semoga ComDev UNJ dapat lebih berkontribusi NYATA dalam membangun BANGSA. Ditunggu kontribusi teman-teman pembaca khususnya Universitas Negeri Jakarta untuk bisa bergabung dengan kami.
Wassalamualaikum.


0 komentar:

Posting Komentar