Minggu, 22 November 2015

Sehat bersama ComDev UNJ

BY Community Development UNJ IN , No comments

Bagi beberapa orang, mungkin berolahraga pagi sangat sulit dilakukan. Karena aktivitas kita dari hari senin hingga jum’at sudah terlalu padat. Padahal, banyak sekali manfaat yang didapat dengan berolahraga. Selain dapat menyehatkan tubuh, olahraga juga dapat membuat otak kita kembali segar dari rutinitas harian. kegiatan comdev UNJ minggu ini adalah senam sehat bersama adik-adik di rusun, ini juga sebagai bentuk pembelajaran mereka akan manfaatnya berolahraga.

Kegiatan senam pagi dimulai pukul 08.30, setelah sebelumnya pada pukul 07.00 pagi kakak-kakak pengajar mendatangi adik-adiknya ke rumah untuk mengajak senam. Banyak sekali adik-adik kita yang belum mandi, bahkan ada yang belum bangun. Kegiatan ‘membangunkan’ ini juga salah satu kegiatan faforit para pengajar karena bisa melihat wajah adik-adik rusun yang lucu karena baru bangun tidur. Setelah semua berkumpul dilapangan (tempat kosong yang kita sebut lapangan), senam dimulai dengan pemanasan dan kemudian senam pramuka, wajah-wajah mengantuk adik-adik rusun menjadi potret yang turut mewarnai senam pagi kala itu. Selang 40-45 menit berlalu, wajah-wajah mengantuk itu sudah tampak segar, kakak-kakak pengajar dan adik-adiknya pun terlihat lebih semangat dan enerjik. Setelah senam pramuka selesai, kemudian sebagai jeda untuk ke senam selanjutnya, kita semua melakukan ice breaking tepuk focus. Terlihat adik-adiknya sudah sangat focus memperhatikan dan mengikuti instruksi dari kakak-kakak yang memandu. Senam selanjutnya pun dimulai yaitu senam penguin. Gerakan-gerakan lucu namun sederhana pada senam ini menjadi faforit adik-adiknya, lagu senam penguin pun juga asik untuk megiringi kami senam pagi. Senam ini diulang hingga tiga kali sesuai dengan permintaan adik-adiknya.

Senam di Rusun A
Senam di rusun B
Kemudian setelah senam pagi selesai dan pendinginan, kakak-kakak menginstruksikan adik-adiknya untuk cuci tangan karena setelah itu ada sarapan pagi dan ngobrol cerdas di dalam perpustakaan rusun. Adik-adik yang sudah cuci tangan kemudian mereka masuk ke dalam perpustakaan dan duduk melingkar. Sembari kakak-kakak pengajarnya menyiapkan bubur kcang hijau sebagai sarapan, adik-adiknya melakukan kegiatan ngobrol cerdas dengan tema adab berpakaian dan manfaat senam pagi. Disana kakak-kakak menjelaskan bahwa senam pagi dapat menjauhkan kita dari penyakit, membuat pikiran lebih plong, dan membuat kita bahagia. Pembahasan selanjutnya adalah tentang adab berpakaian, bahwa kalau kita harus berpakaian yang sopan yakni memakai celana panjang, baju berlengan dan tidak kekecilan. Karena selain membuat kita nyaman, pakaian seperti itu juga akan terlihat lebih rapi dan sopan, terutama untuk sekolah dan belajar di rusun. Adik-adiknya pun juga banyak yang bertanya terkait pembahasan pada kakak-kakanya, suasana ngobrol cerdas pun menjadi lebih aktif dan lebih hidup.

Bubur kacang hijau pun telah siap dibagikan ke adik-adiknya, kemudian kakak-kakanya membagikan bubur kacang hijau tersebut dengan syarat harus duduk yang rapi dan tidak berbicara. Suasana makan bubur kacang hijau tidak terlalu riuh, karena kakak-kakanya sudah memberikan contoh kalau makan tidak boleh berbicara. Bahkan, saking sunyinya, kakak pengajar pun lupa untuk mendokumentasikannya heheheh. Setelah mereka menyantap bubur kacang hijau tersebut, kemudian adik-adiknya minta untuk membaca buku. Ada juga yang ingin belajar, ada yang bermain games. Mereka semua tampak menikmati kegiatan hari ini. Kemudian, waktu sudah menunjukkan hampir jam 10.00, kami menutup kegiatan hari ini dengan berdo’a dan mereka pulang kerumah masing-masing.


Dengan melakukan senam sehat dan sarapan sehat hari ini, diharapkan adik-adiknya juga makin semangat untuk menjalani kegiatan esok hari, dan tubuh juga semakin segar bugar. Seperti sebuah kutipan dari pujangga romawi : “didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat” berarti jasmani dan rohani pun saling berhubungan. Dengan tubuh yg sehat dan menjadi kuat, maka akan menghasilkan generasi-genarasi yang tangguh. Yuk kita rajin berolah raga! :)

0 komentar:

Posting Komentar