Rabu, 23 Desember 2015

Pelatihan Relawan ComDev Se-UNJ

BY Community Development UNJ IN , , , , No comments

Kegiatan pelatihan relawan Community Development Se-UNJ ini dilaksanakan pada tanggal 12 Desember 2015 di Gedung Sertifikasi Guru Universitas Negeri Jakarta. Pelatihan ini dihadiri oleh mahasiswa dan perwakilan relawan dari 10 Community Development yang ada di UNJ.

Pelatihan ini dimulai pada pukul 08.30 WIB yang diawali dengan sambutan-sambutan dari Ketua Pelaksana (Iman Nur Syuhada), Ketua BEM UNJ (Ronny Setiawan), dan Dewan Penasihat Forum Pemuda Bangun Negeri (Suyadi). Setelah itu perwakilan 10 Community Development se-UNJ memperkenalkan diri dengan jargonnya masing-masing, diantaranya ComDev UNJ, ComDev FT (Sanggar Belajar Biru), Comdev FBS, Comdev FIS (Desa Pendidikan), Comdev FIP ( Teras Koalisi), ComDev Jurusan PGSD (Rumah Belajar Ceria), ComDev FMIPS (Desa Binaan), ComDev Jurusan Psikologi (Rumah Psikologi), ComDev FE, ComDev Karya Salemba Empat ( Rumah Edukasi KSE).


Pada sesi pertama pembicaranya adalah Bapak Efri Syamsul Bahri, Sekjen FPBN, memberikan materi tentang urgensi comdev bagi mahasiswa yang berisikan tentang prinsip dan strategi comdev bagi mahasiswa. Konsep pemikirannya yaitu pemberdayaan masyarakat, kemiskinan, pengembangan masyarakat, dan partisipasi. Terapan pemberdayaan masyarakat dilakukan dengan cara penyadaran, pengkapasitasan, pemberian daya. Beliau juga mengatakan bahwa kita bukan membantu masyarakat tapi kita belajar bersama masyarakat.  Diakhir materi ada simulasi comdev mahasiswa, semua perwakilan comdev harus mempresentasikan seputar pengetahuan mereka tentang comdev masing-masing. Diantaranya yaitu, tempat atau lokasi comdev, sejarah, potensi dan kekurangan yang ada pada tempat mengajar serta solusi untuk mengatasinya. Selesai materi pertama kemudian dilanjutkan dengan ishoma.
suasana pelatihan Relawan

Sekitar pukul 13.00, para mahasiswa dan perwakilan ComDev memasuki ruangan kembali. Pada sesi kedua ini diisi oleh dua pembicara yaitu Bapak Muhammad Nasir dan Bapak Hendro Wibowo. Bapak Muhammad Nasir memberikan materi tentang comdev berbasis zakat. Namun, sebelum membahas ke inti beliau membahas tentang keadaan ekonomi di Indonesia yang memprihatinkan. Banyak permasalahan yang dihadapi diantaranya kemiskinan dan kesenjangan, sumber daya manusia yang rendah, daerah bencana dan masih banyak lagi. Beliau juga menjelaskan ada tiga pilar ekonomi, yaitu sektor riil, sektor keuangan dan sektor sosial terutama zakat, infaq, sedekah dan wakaf. Kemudian pembicara kedua, Bapak Hendro Wibowo membahas tentang pemberdayaan nelayan. Beliau menjelaskan bagaimana cara melakukan pemberdayaan perikanan, mulai dari pendekatan dengan masyarakat. Beliau bercerita bahwa biasanya mengadakan kumpul bersama pada siang hari dengan nelayan dan pada malam hari ba’da isya dengan para petani. Hal ini dilakukan agar lebih akrab dengan masyarakat sekitar.

Kegiatan pelatihan relawan ini ditutup dengan pemutaran video tentang 10 comdev se-UNJ, do’a penutup, dan foto bersama 10 Community Development Se-UNJ. Kegiatan ini seru dan sangat bermanfaat, selain bisa menambah pengetahuan para relawan juga bisa saling mengenal satu sama lain antar ComDev se-UNJ.


Redaksi :  Dwi Indah Lestari

0 komentar:

Posting Komentar