Sabtu, 16 Januari 2016

Apa Cita-Cita dan Harapanmu? ;Back To School

BY Community Development UNJ IN , , , No comments

Minggu, 10 Januari 2016 akhirnya datang juga. Setelah dua minggu belakangan ini, adik-adik Rusun Pinus Elok baik rusun A maupun rusun B mendapat waktu liburan dari Sekolah Cerdas. Pagi itu, masih banyak adik-adik yang belum bangun dari tidurnya, membuat para pengajar dengan senang hati naik dari lantai satu sampai lantai lima untuk menjemput adik-adik tercinta. Ada yang berbeda dari pengajaran hari ini, para pengajar terlihat sibuk mengumpulkan buah-buahan dari kertas asturo yang sebelumnya sudah ditugaskan pada saat Perdati, Jumat lalu. Selain itu, ada beberapa karton hitam, gunting, lem, dan kapur. Ketika adik-adik sudah berkumpul, mereka pun bertanya-tanya apa yang akan kita buat pada hari ini.

Pengajaran diawali dengan cek kebersihan kuku, cuci tangan, doa sebelum belajar, dan tadarus bersama. Setelah itu, adik-adik membuat antrean untuk mengambil buah apa yang mereka inginkan. Ada buah jeruk, apel, mangga, pir, dan durian. Pengajar menjelaskan bahwa hari ini kita akan membuat PoCer. PoCer? Pocer pulsa? Bukan, PoCer adalah singkatan dari Pohon Cerdas yang nantinya akan kita tempelkan dengan buah-buahan. Buah-buahan itu berisikan cita-cita, harapan, dan keinginan adik-adik dan para pengajar kedepannya.




Adik-adik rusun terlihat sangat antusias. Mulai dari memilih warna spidol, menempelkan double tipe, mengukur karton yang akan dijadikan pohon, membantu kakak-kakaknya menggunting kertas karton, dan pekerjaan lainnya dilakukan bersama-sama dengan suka cita. Tidak hanya itu, mereka juga bersemangat ketika menuliskan harapan mereka di kertas berbentuk buah tersebut. Banyak sekali harapan dan cita-cita  yang mereka tuliskan, seperti:


“Mau Jadi Dokter”, “Mau Jadi Polwan”, “Mau Jadi Guru”, “Mau Jadi Elsa Frozen”.
Di Rusun A Pohon Cerdas ditempelkan pada dinding sedangkan di Rusun B Pohon Cerdas ditempelkan pada lemari. Setelah pohon selesai, adik-adik berbaris rapi untuk menempelkan kertas buah mereka ditempat yang mereka inginkan dan dibantu oleh kakak-kakak dari ComDev UNJ.

Kegiatan ini memiliki banyak manfaat, selain untuk menambah kreatifitas adik-adik, Pohon Cerdas ini juga sebagai media melatih baca tulis bagi adik-adik kita kelas rendah dan juga menambah kepercayaan diri adik-adik rusun kita sehingga mereka tidak malu mengungkapkan cita-cita dan harapan mereka dengan menuliskannya di dalam kertas berbentuk buah tersebut. So, apa cita-cita dan harapanmu?


oleh : Rahmi Islamiyati

0 komentar:

Posting Komentar