Sabtu, 16 Januari 2016

Back To School; Pohon Cerdas ComdevUNJ

BY Community Development UNJ No comments

Kegiatan Community Development UNJ (COMDEV UNJ) tahun 2016 dimulai pada pekan kedua pada bulan Januari. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 10 Januari 2016 ini memiliki tema “Back to School” dengan kegiatan yang dilaksanakan adalah Pohon Cerdas (Pocer). Kegiatan pohon cerdas ini dimulai sekitar pukul 10.00 dan bertempat di Rusun Pinus Elok (A dan B) Penggilingan, Jakarta Timur. Tidak kurang dari 10 pengajar mengisi di kedua rusun tersebut. Kegiatan ini diikuti dari siswa PAUD hingga siswa kelas enam.

Siswa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran kali ini. Kegiatan yang dimulai dengan siswa duduk membentuk lingkaran dan diawali dengan berdua. Pembuatan pohon cerdas pun dimulai, untuk pertama kali kertas asturo disusun menyerupai sebuah pohon. Kemudian kertas asturo yang telah disusun itu direkatkan dengan lem. Selanjutnya membentuk pola seperti pohon terutama dibagian atas yang digambarkan berbentuk daun di pohon yang lebat/rimbun. Setelah pola dibentuk, kemudian digunting mengikuti alur pola yang telah dibuat dan yang terakhir ialah penemelan atau merekatkan pohon cerdas itu di dinding/lemari.

Pohon itu belum sepenuhnya selesai selesai dibuat kita harus menambahnya dengan buah-buah agar terlihat lebih menarik. Disaat ini lah siswa sekolah cerdas sangat antusias, dikarenakan buah nya yang telah dibuat seperti apel,jeruk,pir, dan mangga yang terbuat dari kertas asturo serta origami yang memiliki warna menarik tetapi siswa juga menulis cita-cita dan harapannya pada tahun 2016 ini. Siswa menuliskan nama, cita-cita dan harapannya di buah yang telah disediakan dan menempelkan nya di pohon cerdas yang telah dibuat oleh pengajar. Banyak siswa yang bercita-cita menjadi guru,tentara,polisi,dan dokter bahkan ada yang bercita-cita menjadi astrounot. Kakak pengajar pun tak mau kalah, pengajar juga menuliskan cita-cita dan segala harapannya pada tahun ini. Kegiatan pembelajaran pun berakhir pada jam 12.30


 
hasil pohon cerdas di rusun B

hasil pohon cerdas di rusun A





oleh : Hadistian

0 komentar:

Posting Komentar