Rabu, 09 Maret 2016

Sharing Public Speaking [Press Release]

BY Community Development UNJ 1 comment

[PRESS RELEASE]

Sharing Public Speaking
Community Development UNJ

Reporter:
Istiqomah Nurul Arfah
TIM MEDIA
Community Development UNJ

_____________________

COMDEV UNJ (4/03/2016) - Acara sharing public speaking ini diadakan oleh TIM Media Community Development UNJ. Acara ini bertujuan untuk sharing-sharing narasumber dengan adik-adik relawan dan pengurus Comdev UNJ terkait public speaking.

Acara dimulai pukul 14.30 WIB di ruang kelas 8.11 lantai 8 Gd. IDB 2 Dewi Sartika. Wahyudi selaku MC sekaligus ketua pelaksana (Koor Tim Media) membuka acara dengan membaca basmalah dan memberikan satu dua patah kata. Lalu dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Ilham Ramadhona.

Setelah pembukaan, langsung masuk ke acara inti yaitu sharing public speaking yang disampaikan oleh Dina Chaerani dari Bahasa Jerman FBS UNJ 2013.

Sebelum memulai diskusi, Dina mengajak teman-teman comdev untuk berkenalan dengan "Ice Breaking Konsentrasi" dan bermain Filipino's beat.

Setelah semua bersemangat, Dina mulai menyampaikan materi.

Public speaking is the process of speaking to a group of people in a structured, deliberate manner intended to inform, influence, or entertain the listeners.

Public speaking merupakan phobia terbesar di dunia.

Dalam video yang diputar, ada beberapa step untuk berbicara didepan umum (Public Speaking) yaitu :

Step 1 : prepare,prepare,prepare
Step 2 : posture and physiciality
Step 3 : Pander to your audience

�� Contents
1. Preparation
- Know your subject
- Train your body
- Practice pacing
- Know your speech
- Know your audience
- Practice

2. Honing your message
- Pick the right type of speech
- Avoid a rambling opening
- Keep it simple

3. Speaking in public
- Deal with your anxiety
- Smile (jgn panik, senyum aja dulu)
- Rock the first-three minute-speech (Dapetin hati penonton di 3 menit pertama)
- Talk more slowly
- Have a good closing

Intinya, penonton (Audience) akan mengingat awal dan akhir. Jadi, buatlah audience terkesan pada 3 menit pertama dengan melakukan hal-hal yang lucu atau anti main stream dan diakhir recap semua materi yang disampaikan dengan hal yang unik/menarik sehingga tidak bisa dilupakan oleh penonton. Berawal dari bangunlah kepercayaan dirimu, kuasai materinya, lalu anggaplah kita menjadi "Aktor Utama".

Setelah itu ada 2 orang yang diminta untuk menceritakan perjalanan dari rumah sampai ke UNJ sebagai praktek dari materi public speaking yang telah disampaikan (Hendrika PGSD 2013 dan Bahi P.IPS 2015) dan berlangsung sesi tanya jawab.

Setelah Dina menyampaikan materi, ada beberapa TIPS tambahan dari Palupi Mutiasih (PGSD FIP UNJ 2013) terkait public speaking.

1. Pintar-pintarlah main intonasi
Karena suara dengan intonasi yang pas akan lebih membuat orang tertarik. Namun ketika berhadapan di depan orang-orang ilmiah walaupun dengan intonasi yang bagus akan tetap dipertanyakan kevalidan ilmu yang disampaikan maka perlu juga persiapan yang matang.

2. Jika tidak tahu jawaban dari pertanyaan audience, lempar pertanyaan kembali ke mereka, tapi untuk menghindari hal itu silahkan persiapkan sebaik mungkin. Dan paham siapa yg menjadi "your audience". Jadilah setara atau lebih tinggi. Tendensi saat di suatu diskusi, pasti ada orang yang tahu akan hal yang ditanyakan. Tugasnya bagaimana kita bisa menantang orang yang tahu untuk bisa menjawabnya. Contohnya: untuk yang bisa menjawab akan dapat award (coklat,souvenir dll).

3. Untuk mengurangi hal yg disampaikan tidak sesuai pemikiran, tipsnya adalah tenang dan senyum..
"Hmm.. (Bisa menjadi waktu untuk kita berpikir apa yg mau dibicarakan).

4. Rajinlah berlatih karena walaupun kalian sepintar albert einstein, namun jika tidak dilatih yaa kalian akan "nothing".

5. Saat di depan jangan bawa kertas besar, bawa saja kertas kecil berisi "clue word" yang akan disampaikan.

Selanjutnya, Palupi mengajak untuk bermain games.

Games pertama:
Mendekrisipkan kata "CINTA" dalam 1 menit.
Games kedua
Menceritakan suatu hal secara spontan, lalu menyambungkan cerita dari kata terakhir yang orang sebelumnya sebutkan dalam 30 detik.

Materi ditutup dengan sesi tanya-jawab dan penyerahan bingkisan kepada kedua narasumber. Pukul 16.30 WIB acara Sharing Public Speaking Comdev UNJ diakhiri dengan do'a oleh MC dan sesi foto bersama dengan seluruh Relawan Comdev UNJ yang hadir.

_______________________

#SharingPublicSpeaking
#KontribusiNyataMembangunBangsa
#HidupPendidikanIndonesia





1 komentar: