Senin, 18 April 2016

Serunya Belajar menggunakan Media Pembelajaran buatan ComDev UNJ

BY COMMUNITY DEVELOPMENT UNJ 1 comment


Ular cerdas? Itu apa ya? Apakah sejenis hewan yang bisa berhitung? Eits, bukan dooong. Kalian tahu permainan tradisional ular tangga? terinspirasi dari permainan tersebut para pengajar comdev UNJ membuat sebuah inovasi media pembelajaran yaitu Ular Cerdas agar para adik-adik binaan di rusun bisa bermain sambil belajar. Permainan Ular Cerdas ini ComDev UNJ gunakan pada pelajaran IPS, meski sebenarnya bisa digunakan untuk mata pelajaran apapun. Mau tau cara membuatnya? Simak terus sampai akhir tulisan ya.




Alat dan bahan :

  1. Karton
  2. Kertas hvs
  3. Foto-foto pahlawan
  4. Kardus bekas




Cara membuat lantai :
  1. Buat kotak-kotak pada karton sebagai lantai untuk berjalan pion masing-masing pemain.
  2. Karena untuk pelajaran ips, tempel foto-foto pahlawan pada tiap kotak sebagai hiasan.
  3. Setiap kotak diberi nomor dan beberapa kotak diberi tanda bintang yang nantinya ketika pion berhenti di kotak bintang, pemain diberi kesempatan untuk mengambil kartu yg isinya beragam ada bonus maupun zonk.



Cara membuat dadu :

  1. Buat karton menyerupai bentuk kubus
  2. Setiap sisi kubus diberi titik-titik dari 1-6



Cara membuat kartu :

Bentuknya seperti kartu pada umumnya, namun karna bisa dibuat dari bahan-bahan bekas, jadi seperti ini caranya,
  1. Tulis macam-macam bonus ataupun zonk pada hvs (ukuran menyesuaikan, jangan terlalu kecil ataupun besar)
  2. Tempel tulisan yang dikertas hvs tadi pada kardus agar menjadi kokoh.



Cara bermain versi comdev unj, seperti permainan ular tangga biasa, namun comdev unj memodifikasinya sedikit.

  1. Tentukan urutan bermain
  2. Lempar dadunya
  3. Jumlah titik yg muncul adalah jumlah langkah yang harus dimainkan.
  4. Setelah berjalan, pemain diberikan pertanyaan yg berkaitan dengan mata pelajaran ips.
  5. Jika benar jawabannya, maju satu langkah, jjka salah maka diam ditempat.
  6. Jika pemain berhenti di kotak yg ada bintangnya, maka pemain mengambil kartu dan melakukan intruksi yang ada di kartu tersebut.
  7. Siapa yang mencapai finish duluan adalah pemenangnya.



Belajar dengan menggunakan media pembelajaran dapat membantu adik-adik memahami pelajaran dengan baik, maka dari itu comdev UNJ memodifikasi permainan lama agar bisa digunakan belajar. Dengan seperti ini, diharapkan menambah minat adik-adik dalam belajar dan adik-adik juga mengetahui bahwa belajar tidak membosankan dan bisa sambil bermain.


Seru kan? Iya dooong! Kalian bisa loh buat seperti itu juga untuk adik kalian, murid, bahkan untuk diri sendiri. Belajar itu menyenangkan.

Selamat mencoba!
Permainan ular tangga Comdev UNJ

1 komentar:

  1. mantappppp sangat bermanfaat. mau coba ah dirumah buat ngajar disekolah

    BalasHapus